10 July 2008

Brief History of Time

Gue pernah menyatakan di tulisan gue sebelumnya yang berjudul Relativitas Waktu bahwa memori yang pernah tersimpan dalam ingatan kita ngga pernah terhapus secara permanen. Hari ini gue membuktikan pernyataan gue tersebut.

Dulu, gue seneng baca dan punya buku karangan Stephen Hawking yang berjudul sama dengan judul tulisan ini. Buku ini berisi sedikit biografi Stephen Hawking dan pergulatannya dalam mengembangkan teori relativitasnya Einstein. Buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Riwayat Sang Kala. Waktu pertama kali gue membaca buku ini gue sangat terkesan dan kebetulan sesuai dengan minat gue dalam bidang fisika. Jadilah buku itu sebagai buku favorit gue.

Dengan berjalannya waktu dan semakin banyak pengalaman dan aktivitas yang gue lakukan, gue jadi melupakan semua tentang buku itu, Brief History of Time, dan juga penulisnya, Stephen Hawking. Gue lupa bahwa gue pernah sangat terobsesi dengan isi buku itu yang berusaha mengungkap fakta tentang penciptaan alam semesta.

Pagi ini, gue kembali mengingat memori itu, memori tentang buku Brief History of Time. Pemicunya adalah pikiran gue yang berusaha mencari judul postingan yang pengen gue tulis tentang peristiwa kemacetan yang gue alami pagi ini. Saat gue sedang berpikir itulah sekonyong-konyong gue inget lagi tentang Stephen Hawking dan Brief History of Time-nya. (tring, seperti ada lampu yang nyala, kayak di film kartun aja!).

Gue jadi pengen baca lagi buku itu tapi gue ngga yakin karena gue ngga tau lagi keberadaan buku itu. Lagi pula apa masih ada yang jual ya! (Sekalian nih buat temen2 yang tau tempat di mana gue bisa mendapatkan buku itu, mohon diinformasikan kepada gue.)

Jadi, kalo lo pernah punya memori di masa lalu, jangan kaget kalo tiba-tiba memori itu kembali memenuhi pikiran lo. Boleh juga nih gue sebut relativitas waktu part 2?

No comments: