27 December 2010

Teknologi Komunikasi dan Perubahan Gaya Hidup Manusia

Teknologi informasi sudah menjadi bagian yang terpisahkan dari kehidupan manusia di era modern ini. tidak terlalu berlebihan jika dikatakan bahwa kehidupan manusia sangat bergantung pada perangkat teknologi informasi dan komunikasi terutama telepon seluler. Kegunaan ponsel pun saat ini tidak terbatas hanya untuk menelpon dan mengirim pesan singkat (sms) sebagaimana tujuan awal diciptakannya ponsel, namun sudah jauh lebih luas. Sedikit demi sedikit fungsi ponsel bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Kemajuan teknologi ini disadari atau tidak lambat laun juga mempengaruhi kualitas hidup manusia. tentu saja amat berbeda kehidupan manusia saat ini dengan kehidupan manusia sepuluh tahun yang lalu. Kehadiran teknologi komunikasi membawa pengaruh yang amat besar dalam kehidupan manusia. apa yang dahulu sangat sulit dilakukan dan membutuhkan waktu lama, saat ini akan begitu mudah dilakukan dan cepat dengan bantuan perangkat teknologi yang ada. Kata kunci yang tercakup dalam teknologi komunikasi adalah praktis, mudah, dan cepat.

Tulisan ini akan sedikit mengulas tentang peran teknologi komunikasi terutama ponsel dalam mengubah gaya hidup sekaligus meningkatkan kualitas hidup manusia.

Perkembangan Teknologi Komunikasi Seluler

Perkembangan teknologi saat ini dirasakan begitu cepat. Teknologi baru terus bermunculan untuk menambahkan fungsi yang sudah ada atau bahkan menggantikan fungsi teknologi yang sudah ada. Manusia semakin dimanjakan dengan adanya teknologi-teknologi tersebut. Sesuatu yang dulunya sulit dilakukan, saat ini menjadi semakin mudah dilakukan dengan adanya teknologi-teknologi tersebut. Sesuatu yang dulunya dilakukan dalam waktu yang lama, sekarang dapat dilakukan dengan cepat. Bentuk perangkatnya pun menjadi semakin kompak dan praktis.

Salah satu perangkat teknologi yang begitu penting dalam kehidupan manusia dan membawa pengaruh yang signifikan dalam mmemperbaiki kualitas hidup manusia adalah telepon seluler. Teknologi telepon seluler, yang bisa disingkat menjadi ponsel, telah berkembang dengan sangat cepat terutama dalam sepuluh tahun terakhir. Dalam kurun waktu ini ponsel juga mengalami pergeseran fungsi dan kedudukan dalam kehidupan manusia.

saat pertama kali ponsel ini muncul, fungsi utamanya adalah untuk melakukan komunikasi suara dan pesan singkat. Ponsel saat itu bisa jadi menggabungkan dua fungsi yang saat itu sudah ada yang dilakukan secara terpisah dengan dua perangkat yang berbeda. Komunikasi suara yang telah diperankan melalui teknologi telepon pada dasarnya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia saat itu. namun, perangkat yang ada tidak dapat dibawa kemana-mana dan harus diletakkan secara tetap di satu tempat. Telepon ini disambungkan melalui kabel-kabel dari satu tempat ke tempat lain. Telepon biasanya terpasang secara tetap di rumah-rumah dan di kantor-kantor. Ini yang membuat telepon tidak memiliki mobilitas. Namun demikian, telepon masih dibutuhkan sampai saat ini walaupun lambat laun bisa digantikan fungsinya oleh perangkat lain yang lebih fleksibel dan mobile.

Fungsi mobilitas ini kemudian coba dibawa oleh perangkat lain yang disebut pager. Perangkat ini dibuat untuk dapat menerima pesan di saat orang sedang berada di jalan atau di tempat yang tidak ada telepon. Seseorang yang sedang di jalan dapat segera menerima pesan yang boleh jadi amat penting. Perangkat ini bisa jadi memberikan fitur tambahan kepada fungsi telepon yang sudah ada namun belum bisa menyediakan fungsi komunikasi yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan manusia.

Keterbatasan kedua perangkat ini dalam memberikan fungsi komunikasi yang cepat dan juga mobile, melahirkan teknologi komunikasi baru berupa teknologi seluler. Mobilitas dan fleksibilitas adalah dua kata kunci yang mengiringi teknologi seluler ini. Teknologi seluler dibawa dalam satu perangkat yang disebut telepon seluler. Telepon seluler dapat menyelenggarakan komunikasi suara dan teks berupa pesan singkat (sms) dalam satu perangkat yang kompak dan fleksibel. Ponsel dapat dibawa kemana pun orang pergi. Hal ini dimungkinkan melalui sambungan tanpa kabel (wireless) bukan sambungan kabel seperti telepon biasa. Fungsi mobilitas tentu dapat disediakan dengan sangat baik oleh teknologi seluler ini.

dengan teknologi seluler ini pesan penting dapat cepat disampaikan dan diterima seseorang tanpa harus orang itu sampai ke rumah dan tersambung dengan telepon. Komunikasi pun dapat dengan mudah dilakukan dimana pun orang itu berada. Saat masih berada di atas kendaraan, di tempat umum dan terbuka, dan tempat lain yang tidak tersambung telepon. Orang juga dapat mengirim pesan singkat dengan biaya yang terjangkau, dan dapat segera dibaca oleh orang lain.

Dalam perkembangannya, teknologi seluler pun mengalami perkembangan yang amat pesat. Perkembangan ini bisa dilihat dari bentuk perangkatnya atau ponselnya yang semakin kecil dan kompak, fungsi tambahan yang semakin banyak yang membuat ponsel tidak hanya berfungsi untuk komunikasi suara dan teks saja, dan juga fungsi jaringan wireless dari teknologi seluler untuk menyelenggarakan koneksi yang lebih luas mencakup koneksi data atau internet.

Dari segi bentuk, ponsel telah mengalami perkembangan yang begitu cepat dan revolusioner. Ponsel yang awalnya ditampilkan dalam perangkat yang cukup besar dan berbobot, kini telah diwakili oleh perangkat yang kompak, simpel, dan ringan. Ponsel dengan mudah dapat dibawa dan dimasukkan ke dalam kantong celana atau tas bahkan dompet. Susutnya ukuran ponsel ini juga diikuti dengan murahnya harga ponsel. Ponsel yang awalnya hanya dapat dimiliki oleh kalangan elit dan berkantong tebal telah berubah menjadi perangkat yang dapat dimiliki oleh semua kalangan. Bahkan bisa jadi saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan primer di luar sandang, pangan, dan papan.

Semakin kompaknya bentuk dan ukuran ponsel juga diikuti oleh semakin banyaknya fitur tambahan yang dibenamkan dalam sebuah ponsel. Kamera, pemutar musik dan video, perekam suara (recording), serta pembaca dokumen adalah beberapa fitur tambahan yang seolah-olah wajib dimiliki oleh sebuah ponsel. Fungsi ponsel pun lambat laun semakin bertambah tidak hanya sekedar perangkat untuk berkomunikasi. Ponsel juga dapat digunakan sebagai perangkat hiburan dan fotografi. Fungsi fotografi di ponsel seolah-olah ingin membuat dan meningkatkan fleksibilitas dari sebuah perangkat ponsel yang bisa melakukan banyak hal dan bisa diwakili oleh satu perangkat saja. Biaya yang dikeluarkan pun semakin berkurang dengan adanya satu perangkat yang bisa melakukan banyak fungsi. Karena orang tidak perlu membeli banyak perangkat untuk tiap fungsi tetapi hanya dengan membeli satu perangkat saja yang multifungsi dan dengan harga yang sesuai.

Perkembangan fungsi ponsel yang lain dan tak kalah pentingnya adalah penggunaan ponsel untuk melakukan komunikasi data. Jaringan komunikasi wireless dalam perkembangannya telah mengalami penambahan fungsi, dari yang awalnya hanya dapat menyelenggarakan komunikasi suara dan teks menjadi komunikasi data dengan volume yang lebih besar. Teknologi seluler telah berkembang dari teknologi generasi pertama atau 1G (berupa suara dan teks), menjadi 2,5G (GPRS yang bisa mengirim gambar via mms dan transfer data melalui internet), 3G (pembicaraan dengan video atau video call dan internet), sampai 3,5G HSDPA yang bisa melakukan banyak fungsi seperti video call, streaming video, dan internet yang lebih cepat. Semakin baru teknologinya, semakin cepat transfer data yang bisa dilakukan. Koneksi internet pun menjadi lebih mudah dan cepat dengan teknologi yang lebih baru (3G dan 3,5G).

Fungsi ponsel pun semakin bertambah dengan digunakannya ponsel untuk melakukan koneksi internet. Terhubung ke internet pun dapat dilakukan melalui ponsel atau bisa juga ponsel berfungsi sebagai modem untuk dihubungkan ke komputer. Membaca berita dan informasi singkat di internet pun dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel. Informasi yang perlu diketahui dengan cepat dapat diambil atau dibaca di internet dimana pun berada melalui ponsel tanpa harus menggunakan komputer. Satu fungsi tambahan patut disematkan kepada teknologi seluler yang memungkinkannya terhubung ke internet, yaitu konektivitas. Belakangan ini fungsi konektivitas ini menjadi semakin penting dengan adanya berbagai social media yang membuat orang saling terhubung satu sama lain.

Uraian di atas sedikit menggambarkan perkembangan fungsi ponsel dan perkembangan teknologi komunikasi khususnya teknologi seluler. Kemajuan teknologi ini secara sadar ataupun tidak dan baik langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kehidupan manusia. meski ada dampak negatifnya sebagaimana teknologi-teknologi yang lain, harus diakui bahwa telah banyak dampak positif yang telah dibawa dan dirasakan dengan adanya teknologi selular ini.

Teknologi Seluler Dan Peningkatan Kualitas Hidup Manusia

Sebagaimana telah diuraikan di atas, kita dapat membagi fungsi ponsel dalam tiga kata, mobilitas, fleksibilitas, dan konektivitas. Ketiga fungsi ini secara dinamis telah mengubah kehidupan manusia dan mengubah wajah dunia. Pandangan manusia telah semakin berkembang menjadi semakin baik dari hari ke hari. Kemudahan-kemudahan telah dihadirkan oleh adanya teknologi seluler ini. fungsi sosial manusia yang secara fitrah dimiliki oleh manusia untuk dapat saling mengenal dan saling berbagi telah disediakan dengan sangat baik oleh kehadiran dan perkembangan teknologi seluler ini. secara sederhana, peningkatan kualitas manusia dengan kehadiran teknologi komunikasi ini hadir dalam bentuk kemudahan, kecepatan, dan praktis. Hal ini juga membuat manusia menjadi dapat melakukan lebih banyak hal positif dalam kehidupannya, dan melakukannya secara efektif dan efisien. Semua ini mungkin menjadi sesuatu yang sangat sulit dilakukan pada masa lalu sebelum adanya teknologi seluler.

Dalam dunia bisnis dan perdagangan, orang biasa melakukan pemesanan barang. Dahulu pemesanan atau penawaran barang dilakukan menggunakan surat. Ini tentu saja memerlukan waktu yang lama dan sedikit biaya pos. Dengan teknologi komunikasi pemesanan atau penawaran barang dapat dilakukan dengan lebih cepat dan murah. Surat dapat dikirim via email untuk surat yang panjang atau dengan pesan singkat (sms) untuk surat yang berupa pesan pendek.

Pergerakan bisnis pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. Order barang dan pengiriman yang biasanya dilakukan berhari-hari, sekarang dapat dilakukan dengan lebih cepat. Biaya produksi pun dapat ditekan menjadi lebih murah dan keuntungan pun menjadi lebih besar tentunya.

Penjual bisa mendapatkan order barang dengan mudah via sms dan dengan cepat pula mengirimkan barang ke pemesan atau pembeli. Penjual pun memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Kesempatan penjual atau pedagang untuk mendapat keuntungan pun menjadi lebih besar. Tak heran, ponsel merupakan salah satu perangkat wajib buat pedagang, tidak peduli seberapa besar skala keuntungan pedagang itu. tentu saja, pedagang dengan skala usaha yang besar dapat memiliki ponsel yang lebih bagus dengan fitur-fitur yang lebih lengkap sesuai dengan kebutuhannya, dibanding pedagang dengan skala usaha yang lebih kecil.

Salah satu aktivitas manusia modern adalah melakukan transaksi perbankan. Pergerakan uang begitu cepat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia dan transaksi keuangan. Semakin banyak aktivitas membuat transaksi perbankan secara nyata yang dilakukan di bank menjadi sesuatu yang agak merepotkan. Layanan mobile banking (perbankan mobile) pun dibuat agar berbagai transaksi perbankan dapat dilakukan menggunakan ponsel. Buat mereka yang selalu berhubungan dengan bank dengan berbagai kepentingannya seperti transfer uang, menerima uang, ataupun mengecek saldo tabungan dapat mengaktifkan layanan mobile banking di ponselnya. Mereka pun dapat melakukan berbagai transaksi perbankan melalui ponselnya. Tentu ini merupakan sebuah keuntungan besar yang memberikan kemudahan dan efektivitas dalam kehidupan manusia.

Bagi pekerja kantor layanan mobile banking dapat mempermudah urusannya. Berbagai transaksi perbankan dapat dilakukan tanpa perlu meninggalkan tugas dan pekerjaan kantornya. Bagi pengusaha atau pebisnis, mereka dapat mengefektifkan waktu mereka untuk lebih fokus dalam hal lainnya seperti memperluas pemasaran dan pelayanan kepada pelanggan tanpa disibukkan oleh urusan perbankan yang agak rumit. Ibu rumah tangga juga dipermudah dengan adanya layanan mobile banking ini. urusan rumah tangga di rumah dapat diselesaikan tanpa perlu direpotkan bolak-balik ke bank untuk melakukan transaksi. Mobile banking adalah salah satu layanan teknologi seluler yang mempermudah kehidupan manusia.

Teknologi Komunikasi Dan Fungsi Sosial Manusia

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu fungsi ponsel yang belakangan ini menjadi semakin berkembang adalah memungkinkan orang terhubung ke internet. Konektivitas adalah salah satu kata yang semakin populer yang dihubungkan dengan internet. Ponsel pun harus bisa memerankan fungsi ini dengan baik. Artinya, ponsel harus bisa melakukan koneksi ke internet agar bisa terhubung dengan dunia maya yang amat luas.

Manusia selalu haus akan informasi-informasi dan biasa menggantungkan keputusan-keputusannya berdasarkan informasi yang diterimanya. Dengan ponsel, orang dapat dengan mudah mencari informasi yang berguna dan cepat di internet. Tentu saja, mereka harus menggunakan ponsel yang memiliki fitur untuk bisa tersambung ke internet. Minimal ponsel dapat bekerja dalam jaringan GPRS (2,5G) atau yang lebih besar (3G dan 3,5G). informasi banjir dan kemacetan lalu lintas dapat diperoleh secara mobile sehingga orang bisa melakukan langkah antisipasi, misalnya dengan mencari jalur alternatif yang bisa dilewati.

Fungsi sosial manusia yang selalu ingin berinteraksi dengan manusia lainnya dan saling berbagi, membuat manusia mengembangkan teknologi media sosial (social media) dan jejaring sosial (social networking). Melalui jejaring sosial ini, orang dapat berinteraksi dengan banyak orang tanpa dibatasi oleh ruang. Banyak orang dari tempat-tempat yang berjauhan dapat saling mengenal dan berinteraksi. Mereka dapat saling berbagi informasi yang berguna satu sama lain. Mereka dapat saling mengisi kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ini tentu saja sangat sesuai dengan fitrah manusia. manusia akan selalu ingin berinteraksi, berkomunikasi, dan berbagi. Semua ini dapat diselenggarakan dengan sangat baik oleh teknologi media sosial. Beberapa situs jejaring sosial yang banyak digunakan diantaranya adalah facebook dan twitter.

Dan, media sosial ini dapat diakses secara mobile dengan menggunakan ponsel. Mereka yang aktif di berbagai jejaring pertemanan (social media) pun bisa melakukan aktivitasnya melalui ponsel. Mereka berinteraksi dengan saling berbagi komentar, berbagi foto, dan berbagi catatan melalui ponsel. Mereka melakukannya dari berbagai tempat, dari tempat makan, dari dalam mobil, bus, atau kereta saat melakukan satu perjalanan, dan juga dalam keadaan apa pun misalnya sedang mengikuti seminar. Berbagai informasi singkat bisa saling disharing dengan cepat dan mudah. bahkan terkadang bisa terjadi sebuah diskusi yang panjang dengan banyak orang yang saling memberikan komentar dari sebuah status yang singkat.

Selain melalui media sosial berupa facebook, orang juga dapat berbagi tulisan dan terhubung satu sama lain melalui blog. Dan, ada sebagian blog yang dapat diakses via ponsel. Artinya, orang dapat memposting catatan di blog dengan menggunakan ponselnya. Sekali lagi, Mobilitas dan konektivitas telah dijalankan dengan sangat baik dengan menggunakan perangkat komunikasi seluler.

Penutup

Berbagai aktivitas sosial yang dilakukan manusia baik secara nyata maupun secara maya dan secara online dengan menggunakan ponsel telah mengubah gaya hidup manusia dan secara tidak langsung pula meningkatkan kualitas hidup manusia. Ini juga menggambarkan dengan jelas betapa dekat dan pentingnya perangkat teknologi komunikasi khususnya teknologi seluler dalam kehidupan manusia modern.

Dan, salah satu pihak yang memiliki peran dalam proses ini adalah operator seluler. Mereka inilah yang dengan segala daya upaya menyediakan jaringan dan layanan yang sesuai yang memungkinkan teknologi seluler dapat berjalan sebagaimana mestinya. Tarif yang lebih murah dengan tingkat konektivitas yang semakin berkualitas, tentu menjadi harapan bagi seluruh pengguna seluler. Semoga harapan pelanggan ini dapat dipenuhi oleh operator seluler.

1 comment:

The Geeks said...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)