11 August 2008

Hotspot in my office (part 2)

Ada hotspot di kantor.

Kenyataan yang amat mengejutkan sekaligus menggembirakan khususnya buat gue. Ini berarti gue bisa menjajal kemampuan perangkat wifi yang terpasang di laptop gue. Ini juga berarti gue bisa mendapatkan akses tak terbatas untuk koneksi ke internet. Ini juga berarti gue bisa koneksi ke internet dan browsing dengan lebih cepat. Yang gue tahu, kecepatan transfer melalui wireless lebih cepat dibandingkan melalui dial-up yang selama ini dilakukan. Kondisi di atas tentu saja sangat menguntungkan buat gue.

Saat mengetahui bahwa ada jaringan wireless (atau hotspot) yang terdeteksi oleh laptop gue, gue langsung mencoba untuk konek ke jaringan wireless tersebut. Saat itu gue juga mencoba menebak pasti router-nya ada di bagian IT dan juga coba menebak-nebak alasan apa perlunya di kantor dipasang hotspot segala. Selama ini gue melihat kantor gue ngga begitu peduli dengan teknologi yang memerlukan biaya yang ngga murah. Dari kondisi di kantor yang kurang pantas disebut kantor sampai kesejahteraan pekerja yang dinilai kurang, menunjukkan manajemen ngga bakal memakai hal yang macam-macam seperti hotspot. Apalagi ada kabar yang mengatakan kantor bakalan pindah ke kawasan industri dalam waktu dekat ini. Jadi, gue bertanya-tanya dalam hati angin apa yang membuat manajemen perlu memasang hotspot di kantor. Masa bodoh lah, yang penting gue bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan gratis.

Gue perlu melakukan beberapa setting kecil di komputer gue untuk melengkapi proses koneksi antara komputer gue dan server atau komputer remote dimana router untuk wireless dihubungkan. Ini hanya bisa dilakukan oleh administrator jaringan yang bertanggung jawab atas semua jaringan yang terpasang di kantor. Saat mengetahui hal ini gue agak pesimis laptop gue bisa konek ke jaringan wireless. Tapi, ternyata sang admin dengan suka rela melakukan konfigurasi yang diperlukan dan mengkoneksikan laptop gue ke jaringan wireless yang ada. Kebetulan hari itu memang perangkat wireless ini baru dipasang dan sepertinya laptop gue yang pertama melakukan dan mendeteksi adanya jaringan wireless ini. ini bisa dijadikan percobaan untuk menjajal kinerja jaringan wireless yang baru dipasang itu. Dengan demikian lengkaplah prosedur yang diperlukan untuk koneksi ke jaringan wireless sekaligus konek juga ke internet. Setelah konfigurasi selesai dilakukan, kami langsung mengklik browser dan halaman google pun terbuka. Yess! Gue bisa konek ke internet dengan laptop gue.

Seharian itu komputer gue konek terus ke internet. Ternyata emang menggunakan jaringan wireless memberikan kecepatan transfer yang lebih baik. Satu halaman web bisa dibuka dengan lebih cepat. Ini berbeda dengan yang biasa gue alami saat browsing menggunakan internet kantor yang menggunakan koneksi dial-up. Memang sih ada beberapa website yang memerlukan loading lebih lama, tapi secara umum koneksi dengan wireless relatif lebih cepat dibanding dengan dial-up.

Gue berharap kondisi ini bisa terus gue nikmati, konek ke internet menggunakan jaringan wireless. Kapan lagi gue bisa memanfaatkan hotspot secara gratis. Tapi, gue ngga tahu sampai kapan keadaan ini bertahan. Tapi setidaknya gue pernah merasakan hotspot gratis di kantor.

No comments: