11 August 2008

Hotspot in my office (part 1)

Pagi itu seperti biasa saya membawa laptop saya ke kantor. Memang udah seminggu ini saya selalu membawa laptop ke kantor. Kebetulan lagi punya banyak ide di kepala yang bisa dibuat tulisan. Dengan membawa laptop, saya berharap bisa langsung menuliskan ide-ide itu. Selain itu, kebetulan kerjaan di kantor lagi ngga sibuk dan ngga dikejar deadline. Jadi, banyak waktu luang bisa yang dimanfaatkan. Saat-saat seperti ini emang membuat jenuh, saat ngga ada kerjaan tapi ngga bisa berbuat apa-apa. Makanya dengan adanya laptop saya bisa langsung menuliskan ide-ide yang tiba-tiba muncul di kepala.

Setelah menikmati sarapan berupa ketan dan bakwan sambil ngerecokin teman satu ruangan saya yang selalu ngaku sebagai “orang kaya” (PD (atau narsis ya!) banget tuh orang), saya memulai aktivitas di kantor dengan ritual menyalakan laptop saya. Saya sebut ini sebuah ritual karena emang agak ribet juga sih prosesnya dan memakan waktu beberapa menit. Saya harus mencolokkan kabel adaptor yang agak panjang ke laptop dan ke colokan listrik yang ada di bawah meja. Saya juga harus menyiapkan asesoris yang lain berupa mouse dan earphone. Setelah siap saya mulai menyalakan komputer dan harus bersabar beberapa menit menunggu proses booting dan loading sampai komputer siap untuk digunakan.

Saat itulah saya mendapatkan suatu kejutan besar. Biasanya saat proses loading, di layar laptop saya selalu terdapat tulisan wireless network connection is not connected di sebelah kanan bawah layar. Ini menyatakan bahwa tidak terdapat jaringan dan koneksi wireless. Tulisan ini memang selalu muncul saat komputer baru dinyalakan atau saat melakukan restart. Laptop saya yang sudah dilengkapi dengan koneksi wireless selalu melakukan proses deteksi jaringan wireless saat melakukan proses start. Namun, pagi itu berbeda dan inilah kejutan besarnya.

Wireless network connection detected. Ya, itulah kejutan besarnya. Tulisan ini muncul di kanan bawah layar laptop saya. Ini berarti terdapat jaringan wireless yang available di sekitar tempat itu. what a surpise! Di tempat ini (kantor tempat gue kerja) ada jaringan wireless (atau hotspot)? Gue kaget sekaligus gembira. Kaget karena kantor gue yang tempatnya jauh dari keramaian kota dan sama sekali bukan tempat yang strategis untuk disebut sebagai kantor, memakai jaringan wireless. Kantor gue yang menurut gue lebih tepat disebut gudang memasang hotspot, benar-benar mengejutkan. Sejenak gue melupakan kondisi kantor gue yang ngga kondusif itu demi kenyataan yang amat mengejutkan ini. Baru kali ini gue ngerasain kegembiraan ini selama gue kerja di sini. Gembira karena dengan adanya hotspot ini gue bisa konek ke internet, sebuah kondisi yang amat menguntungkan (khususnya buat gue).

Adanya hotspot ini memungkinkan gue menjajal kemampuan perangkat wifi yang terpasang di laptop gue tapi belum pernah gue manfaatkan selama ini. Tadinya harapan gue menjajal perangkat wifi ini sempat muncul saat gue mendengar kabar bahwa di sekolah dekat tempat tinggal gue tempat istri gue ngajar tersedia hotspot. Gue pun menyatroni sekolah itu saat akhir pekan karena hanya pada waktu itulah gue bisa melakukannya. Tapi, gue harus mengubur dalam-dalam keinginan gue itu karena pada saat gue mencoba konek ke hotspot di sana gue ngga pernah bisa melakukannya. Ternyata jaringan wireless-nya emang ngga dinyalain saat akhir pekan. Di sekolah itu akhir pekan memang hari libur maka ngga ada kegiatan di sekolah. Jadi, segala perangkat komputer yang ada termasuk server untuk koneksi wireless ngga dinyalain. Buyarlah segala keinginan gue untuk mencoba hotspot.

Setelah itu gue udah ngelupain segala keinginan untuk mencoba hotspot. Namun, kenyataan pagi itu membangkitkan kembali keinginan dan harapan gue yang baru aja gue kubur dalam-dalam. Harapan untuk menjajal perangkat wifi di laptop gue muncul lagi. Gue bagai merasakan de ja vu (apaan tuh? Makanan ya!). Kayaknya ini adalah momen paling mengejutkan selama gue kerja di sini.

2 comments:

AryaNst said...

Haha...

Gara-gara ada hotspot di kantor saya juga kepikiran buat mempercepat rencana saya beli laptop. Dengan uang yang sekarang tersedia, yang kebeli baru eeepc.

Tapi pas saya udah beli tau2 hotspotnya dicabut lagi, hehehe...

pratiwi said...

Orang Kaya??? sepertinya aku kenal....tapiiii...siapa ya....?