31 December 2010

Menjadi Kreatif dengan Internet (bagian ketiga dari tiga tulisan)

Sebuah Potensi Pasar

Fenomena sebagaimana yang dijelaskan di atas sesungguhnya bisa juga dilihat sebagai sebuah peluang bagi operator internet. Potensi pasar untuk memperluas pasaran produk layanan internet sangat terbuka dengan adanya fenomena ini. Bayangkan jika semakin banyak ibu rumah tangga yang menyadari peran internet ini, pasar juga akan semakin besar. akan semakin banyak ibu rumah tangga yang membutuhkan layanan internet.

Operator seluler yang telah memiliki infrastruktur jaringan 3G dan 3,5G, bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat layanan internet yang akan terus terbuka dan tumbuh. Generasi sekarang yang sudah melek teknologi dan internet terutama kaum wanitanya nantinya akan menjadi ibu-ibu rumah tangga. Ibu-ibu rumah tangga yang melek internet inilah yang akan menjadi konsumen internet dari rumah-rumah mereka. Ini tentu saja sebuah pasar yang besar dan potensial.

Dengan semakin ketatnya persaingan antaroperator tentu memerlukan strategi yang jitu untuk dapat menyasar pasar ini. tarif yang murah dengan ketersediaan jaringan yang baik tentu akan menjadi daya tarik yang kuat. Akses internet yang cepat dan stabil dengan harga terjangkau tentu akan menarik minat mereka untuk memilih suatu layanan internet tertentu. Hanya operator yang menawarkan akses cepat dengan harga terjangkau saja yang akan dilirik oleh pasar yang besar ini. Ini tentu saja menjadi tantangan sekaligus peluang bagi operator telekomonikasi yang juga menyelenggarakan layanan internet.

No comments: