31 December 2010

Menjadi Kreatif dengan Internet (bagian kedua dari tiga tulisan)

Menjadi Kreatif dengan Internet

Tidak salah jika dikatakan bahwa para ibu rumah tangga yang kreatif adalah salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini. Sesuatu yang dahulu begitu rumit dan memakan waktu yang lama, kini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Misalnya, dalam urusan perbankan yang saat ini dapat dilakukan secara online dan bahkan secara mobile via perangkat ponsel. Waktu luang pun bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal kreatif yang lain.

Hobi dan minat yang dimiliki dapat disalurkan dengan lebih mudah karena banyak hal lain dapat dengan mudah dilakukan secara online dan mobile. Kreativitas akan lebih mudah digali dan dikembangkan tanpa harus meninggalkan fungsi dan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga. Bekerja atau mencari tambahan penghasilan pun dapat dilakukan tanpa harus menjadi pekerja fulltime di kantor. Melalui internetlah semua hal ini bisa dilakukan.

Dari awalnya yang hanya sekedar iseng saja, hobi yang dilakukan oleh ibu rumah tangga ini juga bisa menjadi tambahan penghasilan buat mereka. Dan bahkan ada juga dari hobi ini yang berkembang menjadi sebuah industri. Sebagian dari produk home industry awalnya hanyalah berupa kegiatan menyalurkan hobi saja.

Melalui blog atau media sosial mereka biasa mempublikasikan karya-karya mereka. Dari publikasi ini yang dibaca oleh banyak orang melalui internet, ada yang tertarik dan memesan untuk dibuatkan. Dari awalnya hanya beberapa orang pemesan saja, semakin lama semakin bertambah banyak dan pada dasarnya secara alamiah telah terbentuk pasar dari produk yang awalnya hanya sebuah hasil karya non-komersil. Dari pasar yang ada, proses produksi pun mesti dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar. Ini adalah sebuah proses alami bagaimana dari sebuah hobi berkembang menjadi sebuah industri. Dan proses ini terbantu dengan adanya internet.

Produk seperti makanan yang bisa berupa kue-kue dengan bentuk dan cita rasa yang bervariasi, produk konveksi, ataupun asesoris merupakan produk-produk yang awalnya bisa jadi hanya berupa karya kreatif non-komersial belaka. Dan, produk semacam ini boleh jadi merupakan bidang atau keahlian dari wanita dan para ibu rumah tangga.

Selain untuk melakukan promosi seperti yang telah dijelaskan di atas, ibu rumah tangga ini juga bisa menggunakan internet untuk mencari dan menggali ide. Ide-ide yang kreatif juga bisa muncul dari informasi yang mereka dapat dari internet atau bisa juga dari hasil interaksi dengan koleganya juga melalui internet. Fungsi jejaring sosial menemukan tempatnya di sini.

Buat ibu rumah tangga yang punya bakat berdagang, mereka bisa memanfaatkan internet untuk menyalurkan kemampuan berdagang mereka. Mereka bisa jadi tidak memproduksi suatu produk namun punya kemampuan untuk memasarkan suatu produk melalui jaringan yang mereka punya. Apalagi dengan adanya berbagai social media, yang ikut andil dalam memperluas jaringan dan mempermudah interaksi dengan para kolega.

Membuka toko pun sekarang tidak harus berupa toko nyata yang bisa jadi membutuhkan tempat dan modal yang tidak sedikit. Toko online yang dijalankan melalui internet bisa menjadi alternatif buat mereka yang ingin berdagang tanpa harus memiliki kios nyata. Dan modal serta biaya yang mesti dikeluarkan pun bisa lebih ditekan dengan berusaha mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ibu rumah tangga yang juga harus mengurus anak dan keluarga, tentu sesuai untuk menjalankan bisnis toko online ini. Kreativitas dan ide yang baik tentu juga diperlukan untuk dapat menjalankan toko online ini agar menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Selain produk industri, salah satu profesi lain yang bisa dilakukan dengan amat baik oleh ibu rumah tangga yang kreatif adalah dengan menjadi penulis. saya berani mengatakan bahwa kebanyakan penulis sukses yang bisa menghasilkan buku (karya) yang best seller adalah wanita dan ibu rumah tangga. berbeda dengan pria yang kebanyakan waktunya dihabiskan untuk melakukan pekerjaan secara penuh, ibu rumah tangga punya waktu luang di sela-sela mengurus anak dan keluarga. Waktu luang dan tidak ada beban untuk mencari nafkah boleh jadi menjadi alasan kuat mengapa banyak penulis sukses adalah wanita dan/atau juga ibu rumah tangga. Mereka dapat fokus dalam menulis dan menghasilkan karya yang baik.

Industri kreatif bisa jadi merupakan salah satu industri yang sangat cocok bagi wanita dan ibu rumah tangga. Industri kreatif yang bertumpu pada kreativitas dari individu adalah salah satu wahana bagi para wanita untuk berprestasi. Wanita-wanita kreatif ini telah banyak menghasilkan karya mereka dalam berbagai bidang seperti musik, film, seni, dan buku sebagaimana yang telah dibahas di atas. Mereka tetap bisa mengeksplorasi kreativitas mereka tanpa meninggalkan peran mereka sebagai istri dan ibu dari anak-anak mereka. Mereka sudah pasti menggunakan teknologi informasi untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Penjelasan di atas bisa jadi hanya sebagian kecil dari begitu banyak ide kreatif yang bisa dijalankan oleh wanita atau ibu rumah tangga dengan perantaraan internet. Memberikan tutorial secara online dan mengajar atau memberikan kursus secara online juga merupakan aktivitas kreatif lain yang bisa dijalankan. Kemampuan mengajar kadang tidak bisa dilakukan dengan efektif dengan beban tanggung jawab rumah tangga yang ada. Dengan melakukan aktivitas mengajar secara online bisa menjadi alternatif untuk menyalurkan hobi dan kemampuan itu tanpa harus meninggalkan tanggung jawab terhadap keluarga.

No comments: