10 February 2010

Mie Buatan Ayah

Banyak yang bilang makan mie itu kurang baik bagi kesehatan. Tapi tetap aja banyak yang makan mie. Katanya sih biar ngirit. Ada juga yang makan mie karena sisi praktisnya, gampang bikinnya dan ngga perlu repot beli lauk ke warung. Begitu juga dengan saya yang termasuk doyan makan mie. Tapi saya punya beberapa tips agar makan mie tidak sampai mengganggu kesehatan.

Pertama, makan mie maksimal 3 hari sekali. Ada rentang waktu 3 hari dari waktu makan mie sebelumnya. Katanya sih hal ini bisa lebih aman buat kesehatan kita (juga buat kantong kita juga deh kayaknya!!). Kedua, jangan langsung menggunakan air hasil rebusan mie tersebut tapi menggunakan air mendidih lain. Adapun air rebusan mienya kita buang. Cara inilah yang selalu saya gunakan saat masak mie.

Sore ini, saya juga lagi kepengen makan mie. Kebetulan bocah2 lagi tidur, saya biasa ngumpet2 kalo makan mie biar ga ketauan bocah2. Maksudnya, biar bocah2 ga biasa makan mie dan biar irit juga deh. Kebetulan juga mamah belum pulang dari sekolah. Ya udah, saya bikin aja sendiri (biasanya juga bikin mie sendiri sih, jarang dibikinin .. rasanya beda sih).

Timbul juga keisengan saya, gimana kalo saya abadikan cara2 saya bikin mie. Kalo menurut saya, mie buatan saya rasanya lumayan enak. Tapi ga tau kata orang laen. Maklumlah, namanya juga mie buatan ayah ... prikitiwww

1. Namanya aja mau makan mie, ya harus punya mie dong .. Kalo belum ada, ya cari aja ke warung. Mie kesukaan saya itu indomie rasa ayam bawang. Nih die potonye ...



2. Siapin air panas buat ngerebus mie. Kalo saya biasanya pake telur jg sih biar ada lauknya ga mie doang. Jadi, siapin juga telor.



3. Sambil ngerebus air, saya biasanya nyiapin bumbu dari indomie itu. Jadi saya masukin semua bumbu ke mangkok.





4. setelah airnya mendidih alias mateng, saya ambil sedikit airnya. Terus saya masukkan ke mangkok yang udah ada bumbunya. Biar airnya asli bukan air hasil rebusan mie yang kita makan.





Kenapa saya ga mau makan air yang bekas rebusan mie? karena bisa jadi air hasil rebusan mie mengandung bahan kimia mie yang larut saat dipanaskan. Jadi kalo airnya dibuang, bahan kimianya juga ikut ke buang juga kan. Jadinya lebih aman kan kalo bahan kimianya dah ke buang sama airnya.

5. Selanjutnya, saya masukkan telur ke dalam panci yang airnya dah mendidih.



6. Abis itu, selang beberapa saat, baru deh saya masukkan mienya untuk direbus bareng telor tadi.



7. Ya udah, tungguin deh sampe mie dan telornya mateng. Kalo saya sih biasanya 1 menit sampe 2 menit aja udah cukup. Apinya juga ga terlalu gede ya. Mienya juga jadinya ngga terlalu lembek. Kalo dah cukup mateng, matiin deh apinya, pisahin mie dan telor dari airnya. Pake saringan gitu deh.



9. Masukkin deh mie ke dalam mangkok. Campur mie dan telor, dengan bumbunya. Udah jadi deh mie buatan ayah.



10. Sebenarnya lebih enak lagi kalo mie telornya ditambah bawang goreng dan krupuk atau emping. Tapi berhubung lagi ga ada, ya saya makan aja seadanya. Tapi udah cukup kok buat saya yang udah laper ini. langsung aje saya santap .. nyam .. nyam .. uenak



Eh, tapi ternyata mama pulang bawa makanan juga dari sekolahnya. Ya udah, sikat lagi bleh ... sampe wareg.

5 comments:

pratiwi said...

nyam,,,,nyam,,,, gak bosen deh makan mie yg merk ini..

Bobby said...

Tambahin bumbu-bumbu yang lain Bay: wortel.bawang putih, sosis dan lain-lain biar jadi lebih enak. Selamat makan

mbah jiwo said...

mire terus berbahaya buat rahim...hati2...

salam

Tips Kesehatan said...

wah dingin2 gini enak kali makan mie.. lam kenal ya!!

Tips Kesehatan said...

eh bro boleh ga sy kenalankan situs sy?? kalo ga boleh, hapus aja ya!!
Rahasia Penis - Metode Memperbesar Penis | Situs Iklan Baris Gratis | Barang Unik | Ramuan Kesehatan | Bisnis Online Pemula | Barang Gratisan | Berita Teknologi | Download Gratis - Chart MP3 | Pangandaran Hotel | Free New Software | New International Freebies | Free Download PC Games | Tips Kesehatan |