24 March 2009

Bisnis Digital

Beberapa hari belakangan ini, pikiran saya selalu saja berkutat tentang bagaimana memanfaatkan kemampuan saya, menulis atau membuat materi tentang fisika untuk tingkat sekolah menengah, untuk menghasilkan uang. Yah pengennya sih saya membuat bisnis sendiri yang sesuai dengan kemampuan dan minat yang saya miliki. Dengan adanya internet promosi dapat dilakukan melalui internet. Jadi, bisnis yang ingin saya jalankan ini harus memiliki karakteristik dapat dipromosikan melalui internet, memiliki nilai edukasi dan pembelajaran, dan berbentuk digital.

Akhirnya, saya sampai pada satu gagasan berupa membuat modul pembelajaran fisika dalam bentuk digital (bisa berupa file pdf dan/atau presentasi powerpoint) yang dikemas dalam bentuk cd. CD ini selanjutnya saya promosikan via internet melalui situs saya.

Saya memang sedang mengembangkan situs pembelajaran fisika secara online dengan alamat http://aktifisika.worpress.com. Situs ini berisi materi-materi fisika dalam bentuk modular yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika untuk tingkat sekolah menengah.

Sebenarnya saya ingin mempublish semua modul pembelajaran fisika melalui situs tersebut tetapi saya pikir kalo modul ini bisa dijual atau menghasilkan uang kenapa tidak saya jual aja.

Untuk bisa mewujudkan keinginan saya ini, yaitu menjual cd modul pembelajaran fisika, saya perlu membuat sistemnya terlebih dahulu yang meliputi bagaimana cara pemesanan barang secara online, cara mengirimkan barang, dan cara pembayaran produk/barang yang ingin saya jual online. Sistem ini perlu dan sangat penting untuk dibuat dalam bisnis online seperti yang akan saya jalankan ini.

Bisnis digital ini menurut saya merupakan salah satu alternatif bisnis yang cukup andal dan bisa dikembangkan. Tidak dibutuhkan modal (dalam bentuk uang) yang besar, melainkan kreativitas, ide, dan pengetahuan. Setiap orang yang memiliki pengetahuan (atau informasi) yang boleh jadi dibutuhkan oleh orang lain bisa membuat produk digital dan mempromosikan sekaligus menjualnya secara online melalui internet. Tidak dibutuhkan proses produksi atau manufaktur untuk membuat produk digital ini yang artinya tidak membutuhkan biaya produksi.

Jika ingin membuat produk dengan biaya murah dan dapat dipromosikan sekaligus dijual selama 24 jam sehari melalui internet, bisnis digital adalah pilihannya.

No comments: