17 January 2011

Knowledge Management

Tiba-tiba saja istilah ini kok memenuhi pikiran saya ya: Knowledge Management. istilah ini sudah cukup lama juga saya kenal sebenarnya, tapi saat ini tiba-tiba saya jadi kepengen memahaminya secara lebih detil. Akhirnya, saya coba search untuk mengetahui arti atau definisi dari knowledge management ini. salah satu definisi yang tersedia adalah di wikipedia. jadi saya tulis aja definisi itu berikut ini

"Manajemen pengetahuan (Bahasa Inggris: knowledge management) adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi."

"Transfer pengetahuan (salah satu aspek dari manajemen pengetahuan) dalam berbagai bentuk, telah sejak lama dilakukan. Contohnya adalah melalui diskusi sepadan dalam kerja, magang, perpustakaan perusahaan, pelatihan profesional, dan program mentoring. Walaupun demikian sejak akhir abad ke-20, teknologi tambahan telah diterapkan untuk melakukan tugas ini, seperti basis pengetahuan, sistem pakar, dan repositori pengetahuan."

cukup menarik juga buat saya. andai saja saya nanti dapat kesempatan belajar lagi, saya pastikan tema penelitian saya tidak akan jauh dari knowledge management ini.

semoga .. amin

3 comments:

Rani Zaoldyeck said...

mas bay, kantor ane lebih membutuhkan orang yang bisa mentansfer ilmu pengetahuan daripada orang yang sekedar pintar.. :D
curcol ya mas ^^

Bayu Sapta Hari said...

bener jg sih ..
percuma jg orang yg pintar tapi untuk dirinya sendiri. kepintarannya tidak bisa dipahami oleh orang lain.

orang pintar seharusnya bisa membuat sesuatu yg keliatan sulit menjadi mudah dipahami

he he

btw, emang rani kerja dimana sih? masih ada hubungannya dengan fisika ga?

yah jadi OOT deh .. hehe

Rani Zaoldyeck said...

Yup, tepat sekali.

rani kerja di perusahaan IT dan ndak ada hubungannya sama fisika.. ^ ^ v
pembelot oh pembelot..