10 May 2008

Welcome To The Mt Bromo (bag 2)

Oke guys …. Gue lanjutin lagi ya cerita waktu pergi ke Gunung Bromo. Udah agak malem sih saat ini sepulang dari kantor.

Kemarin ceritanya kita mau pergi ke Malang dari Jombang. Dari tempat Mbahnya Dani di Jombang kita naek bus jurusan Jombang-Malang. Kami agak terhibur selama perjalanan dari Jombang ke Malang karena jalur yang dilewati memang sangat menarik. Sepanjang perjalanan kami bisa menikmati sejuknya hawa pegunungan dengan pemandangan gunung, bukit, serta danau yang indah. Karena harus melewati daerah pegunungan, jalan yang dilalui berkelok-kelok dan terjal. Bagi yang ngga kuat bisa mabok deh. Akhirnya sampailah kami di kota Malang sebelum tengah hari karena kami sengaja berangkat pagi-pagi dari Jombang.

Kami langsung aja ke tempat familinya teman kami, Dani. Letaknya di daerah yang disebut Bandulan. Di sini kami berencana untuk pergi ke Bromo keesokan harinya. Gue inget banget hari itu hari rabu dan besoknya, berarti hari Kamis, kami akan pergi ke Bromo. Bisa dibilang rencana pergi ke Bromo ini ngga direncanain sebelumnya. Ide ini muncul begitu aja saat di Jombang di mana di sana kami agak kecewa karena ngga nemuin tempat wisata yang asyik. Jadi, kebayangkan kami ngga punya perlengkapan yang memadai untuk naik gunung. Ya .. walaupun Bromo bukan gunung sebagaimana Gunung Semeru atau yang lainnya, tetep aja diperlukan perlengkapan yang memadai seperti jaket yang agak tebel, skebo, sepatu, dll biar ngga mati kedinginan di sana. Nah, kita waktu itu ngga ada sama sekali. Bisa dibilang kita nekat banget mau pergi ke Bromo saat itu.

Keesokan harinya jadi juga kita pergi ke Bromo dengan perlengkapan sederhana yang kami dapat dari meminjam ke familinya teman kami.

Hari itu, kamis, kita berangkat siang biar sampe di Bromo malem trus nginep dan besoknya bisa ngeliat sunrise atau matahari terbit. Perjalanan dari Malang ke Bromo kurang lebih 4 sampe 5 jam deh. Sebenarnya ada banyak jalur yang bisa ditempuh dari Malang ke Bromo, tapi kami memilih jalur yang paling save, yaitu lewat Probolinggo dan lanjut ke Bromo. Dengan bus jurusan jember kami menuju ke Probolinggo kurang lebih selama 2 jam. Kami turun di terminal Probolinggo untuk melanjutkan perjalanan ke Bromo menggunakan mobil colt.

Saat perjalanan ke Bromo ini kami langsung disambut oleh hawa dingin. Kami tiba di sana udah sore menjelang malam. Mobil colt yang kami tumpangi mengakhiri perjalanan di tempat yang dinamakan cemoro kandang. Di sini ada terminal kecil yang berisi mobil jurusan Probolinggo. Dari cemoro kandang kami harus melanjutkan perjalanan ke Bromo menggunakan mobil jeep karena memang hanya mobil itu yang bisa lewat jalur menuju ke Bromo ini. Saat itu malam sudah turun dan keadaan udah gelap. Berhubung biaya yang pas-pasan kami berpikir dua kali untuk naik jeep itu. Akhirnya kami memutuskan untuk berjalan aja dari cemoro kandang ini ke Bromo. Lagipula katanya mau naik gunung, kok enak banget naik jeep langsung nyampe di tempat, begitu pikir kami. Dan di sinilah tantangan itu dimulai …. Yes, the adventure just began …..

Pengen tau petualangannya lebih lanjut, sabar ya … sepertinya gue tunda dulu petualangan nan menantang dan rada nekat ini. Sorry nih gue akhirin dulu sampe di sini. Gue udah capek mau istirahat, soalnya besok mau lembur. Biasa nyari tambahan buat makan-makan lah.