11 May 2008

Ngga nyangka, artikelku banyak yang suka

Dear all ....

Sebelumnya saya mohon maaf belum bisa ngelanjutin cerita gue di gunung Bromo. Tapi sebagai gantinya ada topik yang menurut gue menarik untuk dibahas. Ini tentang copy-paste di dunia maya.

Beberapa hari yang lalu secara iseng gue nyoba mengetik nama gue di search-nya google. Ternyata banyak juga halaman web yang memuat nama gue dan yang ngga disangka-sangka ada artikel gue yang mampir di blog orang lain. Artikel ini gue kirim ke redaksi netsains beberapa waktu yang lalu dan sudah dipublish di website tersebut. Artikel tersebut ada di alamat ini

http://wp.netsains.com/2008/03/08/efektivitas-ponsel-untuk-streaming-konten-multimedia/

dengan redaksi yang sama, artikel ini muncul di blog berikut ini

http://arivrahman.blogspot.com/2008/03/efektivitas-ponsel-untuk-streaming.html

Di blog ini memang tetap ditampilkan nama gue sebagai penulis.

Buat gue sih ngga masalah ya kalo artikel gue banyak ditampilkan di banyak situs atau blog. Itu berarti banyak yang suka dan setuju dengan tulisan dan opini yang gue sampaikan. Gue seneng banget dengan hal itu. Namun, di sini gue mau titip pesen: jika ada yang mau menggunakan tulisan orang lain di blognya alangkah baiknya memberi tahu kepada yang punya tulisan. Misalnya, kita bisa memberikan comment bahwa kita suka dengan artikel ini dan mau memposting di blog kita. Dengan begitu yang punya tulisan sudah tahu artikelnya dipakai dan juga bisa terjalin komunikasi. Bukankah blog dibuat untuk menjalin komunikasi?

Sebenarnya ketika kita memposting artikel atau tulisan di website atau blog, secara tidak langsung kita sudah memberi izin kepada orang lain untuk menggunakan (mengkopi) tulisan kita. Namun, alangkah baiknya kita tetap memberi tahu atau paling tidak meninggalkan comment kepada si empunya artikel tersebut.

1 comment:

AryaNst said...

Sebenarnya ketika kita memposting artikel atau tulisan di website atau blog, secara tidak langsung kita sudah memberi izin kepada orang lain untuk menggunakan (mengkopi) tulisan kita.

Kecuali kalau blog-nya ga bisa diklik kanan dan/atau ada tulisan yang bilang "Jangan asal copy-paste" seperti di blogku :)