19 May 2008

Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan

Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan mekanisme Block Grant yang menjadi bagian dari Australia-Indonesia Basic Education Program (AIBEP) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan akses pendidikan secara umum di Indonesia. Managing Contractor Project Management (MCPM) sebagai kontraktor AIBEP bekerja sama dengan Bagian Sistem Informasi, Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Depdiknas sebagai penanggung jawab program Inovasi TIK.

Pemberian dana ini diarahkan pada aplikasi Inovasi TIK dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan dasar, di mana diharapkan dapat mendukung implementasi berbagai proposal dalam skala kecil yang berpotensi untuk pengembangan lebih luas seperti hal-hal yang terkait dengan peningkatan akses pendidikan melalui TIK; pemakaian TIK dalam proses belajar mengajar; pengembangan profesionalisme guru dan pendukungnya; penggunaan internet/intranet di ruang kelas; e-learning, belajar sendiri dan jarak jauh; alat komunikasi; membangun jaringan antara guru, siswa, dan sekolah; proses pembelajaran yang interaktif; sekolah berbasis sistem informasi; pembelajaran yang mobile, penggunaan website sekolah; pelatihan dan akreditasi TIK; penggunaan sistem tayangan di ruang kelas; layanan pembelajaran online; pembagian sumber daya belajar mengajar; studi/riset yang terkait dengan terujinya inovasi di suatu tempat, sikap siswa/guru/orang tua/masyarakat terhadap penggunaan TIK di sekolah; atau ide inovasi yang lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, termasuk mengenai garis besar format proposal, dapat menghubungi kontak dan nomor di bawah ini.

E-mail: yiyik.ajeng@gmail.com, subject: penjelasan detail proposal Inovasi TIK
Fax: (021) 57853579, Attn: Yiyik Ajeng, subject: penjelasan detail proposal Inovasi TIK
Kontak/alamat: Yiyik Ajeng, Bagian Sistem Informasi, Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Depdiknas, Gedung C lantai 7, Jl. Jend. Sudirman, Senayan Jakarta 10270.
Telepon: (021) 57853580
Website: http://pkln.diknas.go.id

Undangan ini terbuka bagi organisasi (atau kolaborasi dari beberapa organisasi) yang dapat berbentuk antara lain:

  • Lembaga Non-profit (yayasan, perkumpulan) yang didukung dengan akta pendirian dari notaris.
  • Lembaga Pemerintah di tingkat propinsi dan kabupaten/kota (dinas-dinas dan unit organisasi sejenis di lingkungan pemerintah daerah propinsi dan kabupaten/kota dengan persetujuan dari pimpinan lembaga.
  • Sekolah/perguruan tinggi pada berbagai jenjang, termasuk kelompok sekolah/perguruan tinggi sekaligus (terdiri dari beberapa sekolah/perguruan tinggi sekaligus) dengan persetujuan dari kepala sekolah/pimpinan perguruan tinggi masing-masing.

Sesuai dengan program kerja tahunan AIBEP, proposal inovasi diharapkan dapat dimasukkan selambat-lamabatnya pada tanggal 20 Juni 2008 dan pelaksanaan program inovasi selesai pada akhir April 2008.

Setiap proposal yang terpilih akan mendapat dana sebesar Rp80.000.000,00 s/d Rp800.000.000,00 berdasarkan kelayakan nilai proposal yang disetujui oleh tim penilai.

2 comments:

asuna17 said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di Social Bookmarking Indonesia www.infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://pendidikan.infogue.com/inovasi_teknologi_informasi_dan_komunikasi_tik_untuk_pendidikan

Bayu Sapta Hari said...

Terima kasih atas komentarnya. Salam kenal ya.